Apa Itu Bisnis Online ?




Bagaimana kabar hari ini? Semoga tetap semangat dan fresh karena kita akan mulai belajar bagaimana meraih penghasilan dari bisnis online.

Btw, apakah anda tahu apa itu bisnis online? Ya udah, biar kita sama-sama punya pemahaman yang sama mending saya jelaskan dulu bisnis online versi saya dan bisnis online yang akan kita pelajari di artikel selanjutnya. Oke?

Setelah bertahun-tahun belajar bisnis online, saya menemukan sebuah prinsip penting tentang apa itu bisnis online. Simple saja, bisnis online adalah aktifitas pemasaran yang dijalankan melalui media internet. Maka segala macam aktifitas yang terkait dengan pemasaran produk atau jasa yang dilakukan melalui internet bisa kita namakan bisnis online. Dan menurut saya, ada 3 komponen penting dalam bisnis online yang harus ada. Apa saja itu?

1. Produk

Ya tentu saja, namanya pemasaran ya harus ada produk yang akan dipasarkan. Produk ini banyak macamnya, ada produk digital, ada produk fisik ada jasa digital, ada jasa fisik, dll. Intinya apapun yang bisa ditukar dengan uang kita namakan PRODUK. Jika anda punya teman yang memiliki kemampuan tertentu yang unik misalnya menggambar doodle, maka anda sudah punya calon produk untuk dipasarkan hehehe…

2. Website

Produk sudah punya, selanjutnya tentu adalah lapak jualan. Website ini tidak harus website milik kita sendiri, bisa juga website milik orang lain seperti tokopedia, facebook, google plus, twitter, instagram, dll. Bisa juga memanfaatkan layanan penyedia blog seperti blogger, blogdetik, dll. Pokoknya apapun layanan online yang bisa kita manfaatkan untuk meletakkan display produk, kita namakan WEBSITE. Tapi tentu saja, sangat penting untuk memiliki website pribadi sehingga kita bisa mengontrol segala hal dalam bisnis kita daripada meletakkan di lapak atau website orang lain.

3. Strategi Pemasaran

Ada produk, sudah diletakkan di website tapi gak punya strategi pemasaran yang mempuni ya sama saja dengan membuka toko di tengah hutan. Gak ada yang tahu. Walaupun itu produk paling dahsyat di dunia kalau pemasarannya payah maka penjualannyapun bisa dipastikan payah. Maka strategi pemasaran adalah bagian penting dalam bisnis online.

Sementara cukup sekian, akan kita sambung pada artikel berikutnya yaitu Bagaimana memulai bisnis online?
Apa Itu Bisnis Online ? Apa Itu Bisnis Online ? Reviewed by Burhanuddin Mihada on 22:08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Dengan Senang Hati, Saya Menunggu Komentar Anda Di Bawah

Diberdayakan oleh Blogger.