Definisi Marketplace Yang Perlu Anda Ketahui


Secara singkat Marketplace adalah aplikasi atau situs web yang memberi fasilitas jual beli online dari berbagai sumber. Pemilik situs web atau aplikasi tidak memiliki produk apapun dan tugas mereka hanya menjadi penghubung antara pemilik produk dan pencari produk. Bisa dikata inilah 'pasar' online.

Selain mempromosikan produk, Marketplace juga menjembatani transaksi online antara penjual dan pembeli. Salah satu contoh Marketplace terbesar di Indonesia adalah Shopee. Shopee merupakan Marketplace termuda sekaligus terbesar dan terpecaya di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir ini Marketplace menjadi primadona di Indonesia karena memberikan kemudahan kepada konsumen untuk berbelanja secara online.Marketplace menyediakan pilihan produk yang beragam, sehingga konsumen dapat memilih barang yang sesuai dengan keinginan mereka.

Bagi pemilik produk, kehadiran Marketplace seperti Shopee di nilai sangat menguntungkan karena mereka tidak perlu repot mendatangkan pengunjung ke situs mereka.Hal ini dikarenakan Marketplace telah memiliki banyak pengunjung. Apalagi Marketplace seperti Shopee selalu memberikan potongan harga untuk pembelian dengan nominal tertentu.

Selain kelebihan diatas, Marketplace juga memiliki kelemahan diantaranya produk atau barang ditawarkan oleh banyak penjual. Sehingga informasi produk yang diberikan, kecepatan respon penjual dan kecepatan pengiriman antar pejual tidak seragam. Jika satu penjual memiliki pelayanan yang buruk dapat berdampak yang buruk pula kepada reputasi keseluruhan penjual.

Oleh sebab itu sebuah Marketplace harus membuat strategi dan juga gambaran kepada para pemasok secara bersamaan dan memberikan kemudahan navigasi kepada konsumen.
Definisi Marketplace Yang Perlu Anda Ketahui Definisi Marketplace Yang Perlu Anda Ketahui Reviewed by Burhanuddin Mihada on 13:46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Dengan Senang Hati, Saya Menunggu Komentar Anda Di Bawah

Diberdayakan oleh Blogger.